Persiapan dan Sosialisasi Kampung Siaga Bencana

zoe 28 April 2024 10:53:56 WIB

Letak geografis Indonesia membuat negara ini berada dalam kategori rawan bencana. Dalam menghadapi hal tersebut, tentunya diperlukan mitigasi bencana yang kuat, salah satunya adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia yang tanggap bencana. Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah salah satu langkah yang ditempuh Kementerian Sosial dalam mengupayakan mitigasi bencana secara maksimal. 

 

Melalui KSB, Kemensos berupaya untuk melibatkan seluruh unsur masyarakat dalam menghadapi situasi darurat bencana. Pada hari Minggu 28 April 2024, Kemensos bersama dengan Dinas Sosial DIY dan Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul membuka kegiatan Persiapan dan Sosialisasi Kampung Siaga Bencana di Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

 

Kegiatan ini akan dilakukan selama tiga (3) hari yang dimulai pada hari Minggu 28 April 2024 sampai dengan hari Selasa 30 April 2024. Dalam tiga hari tersebut akan dilakukan pelatihan dan mitigasi bencana mulai dari teori sampai dengan simulasi penanganan bencana yang akan disampaikan oleh TAGANA DIY dan TAGANA Gunungkidul.

Dalam sambutannya Lurah Ngeposari menyampaikan, bahwa Kalurahan Ngeposari sudah mempunyai embrio Kampung Siaga Bencana mulai dari tahun 2019-2020 dimana Pandemi Covid-19 dalam puncaknya. Di di masa tersebut  terbentuk Relawan Ngeposari yang terdiri dari unsur warga dan perangkat Kalurahan, dimana Relawan Ngeposari bertugas dalam pencegahan/ penanganan Covid-19 sampai dengan pemulasaraan jenazah yang dinyatakan positif covid-19. Dalam perkembanganya sampai dengan saat ini Relawan Ngeposari menjadi Tim Reaksi Cepat yang siap siaga 24 jam apabila di Wilayah Ngeposari terjadi Bencana Alam

Harapan dari kegiatan ini adalah Kalurahan Ngeposari bisa menjadi Kampung Siaga Bencana yang kompeten, tersinergi dengan fasilitas yang memadai, dalam upaya menjadi gardu pertama penanganan kebencanaan, di wilayah Ngeposari dan sekitarnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar